18.12.08

Tiga Ruang Belajar Ambruk Tiba-Tiba

Tiga ruangan kelas di Blora, Jawa Tengah, belum lama ini ambruk secara tiba-tiba. Namun saat itu tak ada korban jiwa karena para murid telah usai belajar. Gedung yang rapuh dan sudah tua menjadi penyebab ambruknya tiga bangunan kelas Sekolah Dasar Negeri Sambeng 2 Todanan, Blora.

Kini sedikitnya 56 siswa mengungsi belajar. Sisanya, memanfaatkan dua kelas yang masih bisa digunakan. Tapi, kondisinya pun memprihatinkan. Ruangan yang sempit disekat-sekat, dijadikan tempat menimba ilmu puluhan murid.

Ruang belajar yang beralaskan tanah menjadi hiasan kaki-kaki mungil dengan sepatu lusuh. Sarana belajar yang ada terkesan sangat sederhana. Kendati begitu, para murid masih bersemangat menimba ilmu dalam kondisi penuh keterbatasan.

Sebagian lagi terpaksa mengungsi ke sebuah rumah. Di rumah milik warga ini mereka lebih aman belajar, dibanding di gedung sekolah yang terancam roboh.

Tiga ruangan kelas yang ambruk, kini dibiarkan. Pihak sekolah mengaku pernah mengusulkan ke Dinas Pendidikan terkait untuk meminta dana perbaikan. Pantas saja bangunan SD tersebut ambruk. Karena sejak tahun 1978 tak pernah mendapatkan dana perbaikan. "Pemerintah sudilah kiranya terjun ke bawah melihat kondisi lapangan sebenarnya," ujar Edy Mulyono, Kepala Sekolah SDN Sambeng 2 Todanan kab.

Sementara saat dihubungi via telepon oleh reporter SCTV Bayu Sutiyono, Kamis (18/12) pagi, pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Nasional Blora Ratnani Widowati mengaku sudah mengetahui masalah itu. Ia mengatakan, pihaknya tahun ini sudah melakukan survei terhadap sekolah-sekolah yang bangunannya rusak. Hanya saja, ia mengakui baru dua bangunan sekolah yang telah diperbaiki.

Di ujung telepon lainnya, Edy Mulyono mengungkapkan para muridnya hingga saat ini masih belajar dalam kondisi memprihatikankan. Ia pun mengungkapkan, sekolahnya telah menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hanya saja, ia mengakui karena jumlah muridnya sedikit, maka dana BOS yang diterima juga kecil. liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar