30.12.08

Gelar Out Bond Ala Militer

Puluhan tenda berjejer rapi di Bumi Perkemahan (Buper) Kepurun, Kecamatan Manisrenggo sejak Sabtu (27/12) lalu. Layaknya perkemahan pramuka, di dalam puluhan tenda tersebut juga terdapat peralatan masak, tas berukuran besar dengan isi bekal peserta.

Tidak hanya itu, beberapa peralatan untuk mencari jejak seperti kompas, tali, pisau juga tertata di sudut tenda. Jangan salah, kegiatan tersebut bukanlah perkemahan pramuka melainkan out bond yang diadakan oleh Kodim 0723 Klaten. Jadi wajar saja peserta tidak tampak mengenakan seragam yang sama. Justru mereka memiliki seragam yang disesuaikan dengan identitas organisasi yang mendelegasikan regu.

Kegiatan out bond tidak hanya diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SMA. Dari 45 regu peserta, sebagian juga diikuti perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas). Jadi sepanjang kegiatan berlangsung kegiatan semakin asyik.

Menurut Dandim 0723 Klaten Let Kol Inf Gathot Tridoyo, kegiatan dalam rangka Hari Juang Kartika ke-63 tersebut sebagai upaya untuk membentuk jiwa nasionalisme generasi muda. Sehingga berbagai kegiatan yang berbau perjuangan menjadi bagian utama dalam out bond tersebut.

"Jika negara dalam kondisi darurat warga sipil wajib untuk turun membela negaranya. Kami sengaja mengadakan kegiatan ini agar warga semakin peduli terhadap kondisi tanah air,''ungkapnya.

Karena yang mengadakan organisasi militer, jadi wajar saja kegiatan tersebut diwarnai lomba ala prajurit. Diantaranya pos yang mengharuskan peserta dapat membongkar dan merangkai kembali senjata api laras panjang jenis M 16 dan pistol FN 46.

Lomba yang bagi peserta nampak asing menjadi bagian yang diminati. Hal ini terlihat dari antusias peserta yang berebut untuk jadi peserta. Meski baru pertama kali menyentuh senjata api, peserta cukup mahir dalam merangkai bagian senjata yang telah dibongkar.

Salah satu peserta dari SMK Negeri Trucuk Agung Wahyudi mengatakan, cukup menikmati kegiatan yang diadakan Kodim. Karena selain untuk mengisi liburan kegiatan tersebut dapat menambah wawasan baru.

"Seperti merangkai senjata, yang baru pertama kali saya lakukan. Ternyata cukup mudah tidak sesulit yang saya bayangkan. Sayang tidak boleh untuk menggunakan,'' ungkapnya.

Aroma militer semakin terasa di beberapa pos out bond. Mulai dari meniti satu tali, melewati rintangan jaring darat sampai melempar kapak. Dengan dipandu anggota Kodim 0723 kegiatan dipastikan aman.

Menariknya usai mengikuti perjalanan panjang out bond peserta berebut untuk foto dengan menenteng senjata M 16. Mereka pun rela antri dengan peserta lain, karena berbagai pose dipraktekan oleh peserta.

"Biar ada kenang-kenangan kalau pernah mengikuti kegiatan militer mas. Memang saya tidak punya cita-cita jadi tentara tapi kalau bergaya suka banget,'' kata Nila siswa Kelas X SMA Karangnanom kemarin. jawapos.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar