18.12.08

Ingin Jadi yang Terbaik di NTT

SMKN 3 Kota Kupang berupaya menjadi yang terbaik di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan dari Bank Pembangunan Asia (ADB) senilai Rp 7,1 miliar tahun anggaran 2009-2012 akan mendukung rencana itu.

Kepala SMKN3 Kota Kupang Lusia Mandala di Kupang, Rabu (17/12), mengatakan, dana senilai Rp 7,1 miliar itu diprioritaskan untuk tujuh komponen, yakni bangunan fisik gedung, peralatan, bahan ajar, pelatihan tenaga, hubungan industri, keiwirausahaan, dan penguatan kurikulum.

"Dana Rp 7,1 miliar itu dicairkan secara bertahap sesuai kebutuhan. Kami akan gunakan 20 konsultan dari dalam dan luar negeri untuk mengawasi proyek bersangkutan," katanya.

Selain rehabilitasi gedung sekolah, juga dibangun sebuah hotel berbintang sebagai pusat pelatihan dan pendidikan terpadu bagi para siswa. Hotel ini sebagai aset sekolah yang dapat digunakan masyarakat umum. Ada empat jurusan yang akan dikembangkan di SMKN 3, yakni tata boga, perhotelan, kecantikan, dan jurusan busana.

Empat bidang ini sangat mendesak untuk dikembangkan karena sesuai kebutuhan masyarakat. SMKN 3 memiliki 675 siswa serta 52 guru tetap dan 14 guru honor. Namun, khusus guru kecantikan belum ada, masih dalam proses belajar. SMKN3 akan berupaya menjadi yang terbaik di NTT dan membina sekolah sekolah kejuruan lainnya. SMKN 3 akan menjadi sekolah pembina bagi kejuruan lain.

Karena itu, masyarakat, siswa, orangtua, dan guru diharapkan turut mendukung program itu sehingga bisa dirasakan dampaknya bagi masyarakat luas. kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar