8.12.08

Siswa Belajar di Kantin

Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah di Desa Ihing, Kapubaten Bulo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, baru-baru ini, terpaksa belajar di lantai kantin sekolah. Pasalnya, ruang kelas yang biasa mereka gunakan nyaris ambruk termakan usia.

Kendati demikian, sebagian siswa masih ada yang menggunakan tiga ruang kelas di sekolah tersebut. Ruangan itu tampak memprihatinkan dengan dinding, jendela, dan atap yang sudah lapuk. Tiang penyangga bangunan itu digerogoti rayap dan rawan roboh jika diterpa angin kencang.

Kondisi serupa juga terjadi di Sekolah Dasar Katolik Umasukaer, Malaka Tengah, Nusa Tenggara Timur. Terhitung sudah enam tahun bangunan sekolah tersebut rusak. Namun, hingga kini belum ada bantuan dari pemerintah setempat. Para siswa terpaksa belajar dengan kondisi kelas yang rawan ambruk.

Rusaknya gedung sekolah memang menjadi salah satu masalah dalam dunia pendidikan di negeri ini. Komitmen pemerintah untuk menyalurkan 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan pun sangat dinantikan. Apalagi anggaran itu termasuk untuk proyek perbaikan sekolah. liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar