23.12.08

Sekolah Inklusi Harus Punya Kurikulum Sendiri

Sekolah yang menerima pelajar inklusi atau berkebutuhan khusus seharusnya mempunyai kurikulum berbeda dan metode khusus. Sebab, para siswa inklusi itu memiliki karakteristik tersendiri. Jika tidak ada pembedaan kurikulum, sangat mungkin tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.

Pernyataan itu disampaikan Direktur PSLB (Pendidikan Sekolah Luar Biasa) Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas Ekodjatmiko Sukarso pada acara sosialisasi penggunaan model pembelajaran lesson study di Sekolah Galuh Handayani kemarin (22/12). ''Siswa yang berkebutuhan khusus kan beda dengan siswa lain. Mereka punya karakteristik tersendiri,'' ujarnya.

Menurut dia, karakteristik itu yang harus dipahami setiap sekolah. Terutama sekolah-sekolah umum yang ditunjuk untuk menampung siswa berkebutuhan khusus. Kalau tidak mempunyai metode khusus, tujuan pembelajaran tidak akan pernah tercapai. ''Ada yang gaya belajarnya cepat sekali, ada yang lambat sekali. Karena itu, sekolah harus mempunyai kurikulum dan metode khusus,'' ujarnya.

Salah satu metodenya adalah pembelajaran lesson study. Pembelajaran tersebut menggunakan metode pendekatan secara personal. Selain itu, siswa diajari berkreativitas dengan metode pembelajaran interaktif. ''Dengan cara itu, siswa diharapkan tidak akan tertekan ketika berada di sekolah,'' jelas Ekodjatmiko.

Khusus untuk kurikulum, lanjut dia, sekolah bisa menyesuaikannya dengan masing-masing karakteristik daerah atau wilayah setempat. Contohnya, di wilayah industri, kurikulumnya bisa terkait industri tetapi yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus.

Dia menambahkan, anak-anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah umum juga tidak dilarang. Namun, dia berharap mereka mendapatkan fasilitas yang sama seperti di sekolah inklusi. jawapos.com


2 komentar:

  1. Informasi Sekolah Inclusive Surabaya
    Sekolah Galuh Handayani (www.galuhhandayani.com)
    Jl. Manyar Sambongan 87-89
    email : ningrum_galuh@yahoo.com
    Untuk informasi lebih lanjut hub aja:
    031-5018129
    031-5054040

    BalasHapus
  2. untuk yang tinggal di wilayah depok silakan klik
    Sekolah Jari Kecil http://www.facebook.com/?ref=home#!/group.php?gid=135203669842465

    BalasHapus