4.12.08

Sekolah Mulai Merespon

Lomba PSN dan Lingkungan Sekolah Sehat yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto mulai direpon sekolah. Ini terlihat dari penilaian yang masuk minggu ketiga kemarin. Hampir semua sekolah yang dinilai kemarin memiliki angka bebas jentik 100 persen.

Salah satunya adalah SMPN 9 Kota Mojokerto. Sekolah yang berlokasi di Jl Semeru ini ternyata tidak hanya bebas jentik. Namun, lebih dari itu di sekolah ini juga memiliki inovasi dalam melanggengkan kebersihan di sekolahnya.

Beberapa inovasi tersebut antara lain memberikan bendera hitam kepada kelas yang selama seminggu dinilai paling kotor. Sedangkan, untuk sekolah yang dinilai paling bersih akan mendapatkan bendera putih. ''Bendera ini disampaikan pada saat upacara bendera setiap Senin,'' kata Hariyo W, Kasek SMPN 9 seraya menunjukkan dua bendara yang dimasudkan.

Inovasi lain yang dilakukan sekolah ini adalah dalam setiap memberikan hukuman atau sanksi kepada para siswa yang melanggar peraturan sekolah berorientasi kebersihan. Misalnya, dengan memberikan sanksi membersihkan taman kelas, musala atau kelas. ''Dari itu ada tenggat waktu misalnya 10 menit sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dengan siswa,'' kata Hariyo.

Ternyata, cara ini ampun untuk menjaga kebersihan lingkungan. Ini terlihat dari kondisi kelas dan lingkungan sekolah yang bersih dari sampah. Padahal, jumlah petugas kebersihan yang merangkap penjaga sekolah hanya dua orang saja.

Sementara itu, untuk penilaian di SDN Prajuritkulon 1, 2 dan 3 juga tidak ditemukan jentik nyamuk. Namun, karena kondisi sekolah dalam tahap renovasi maka kondisinya masih semrawut.

Sekadar mengingatkan, sebagai kegiatan rutin tahunan Dinkes Kota Mojokerto menyelenggarakan Lomba PSN dan kebersihan. Lomba ini tidak hanya menilai lingkungan yang ada di seluruh kelurahan, tetapi juga membidik sejumlah sekolah yang diusulkan Dinas P dan K. Sistem penilaiannya dilakukan secara mendadak dan langsung, sehingga pihak lingkungan maupun sekolah harus selalu siap untuk mendapatkan penilaian setiap saat. jawapos.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar