19.12.08

Kelas Terbatas, Siswa Tunggu Giliran Belajar

Kondisi Sekolah Dasar Kelas Jauh Omu, Gumbasa, yang terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, amat jauh dari kata memadai. Hampir mirip nama yang di sandang, kelas jauh. Beratapkan daun Rumbia, para siswa menuntut ilmu setiap harinya.

Nasrik Hoti, salah seorang pengajar, terpaksa menahan beberapa muridnya di luar kelas saat ruang kelas sedang digunakan para siswa lainnya. Maklum, ruangan kelas sangat terbatas.

Meski demikian, keterbatasan fasilitas tak membuat semangat pada murid menjadi surut. Mereka tetap giat belajar di sekolah berdinding anyaman bambu itu. Melihat semangat ini, para pendidik terus berupaya agar bangunan sekolah mendapat perhatian pemerintah.

Masih di provinsi yang sama, kondisi sekolah rusak juga dialami SD Negeri Malangga Selatan, di Kabupaten Tolitoli. Sekolah yang terletak di Kecamatan Galang ini dibangun lima tahun lalu.

Lebih dari seratus murid di sekolah ini harus berbagi ruang kelas. Mereka juga harus sabar belajar di ruangan berdinding papan dan anyaman bambu. Apalagi saat musim hujan tiba, proses belajar-mengajar terganggu dengan atap seng tua yang kerap bocor. Tak ayal, alas kaki menjadi kotor karena kelas berlantai tanah.

Para guru mengaku sering mendengar adanya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun, dana tersebut belum bisa dinikmati untuk membangun gedung sekolah yang lebih layak. liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar