10.1.09

Relokasi SD Terganjal Pembebasan Lahan

Teka-teki pelaksanaan relokasi SDN Tlekung akhirnya terjawab. Penyebabnya, hingga saat ini belum tersedia lahan untuk pembangunan sekolah yang berdekatan dengan Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah yang dikelola Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkot Batu. Bahkan, pembebasan lahan yang telah dijadwalkan pada tahun sebelumnya juga belum realisasi.

"Persoalannya memang karena pembebasan lahan belum bisa dilakukan," kata Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol Kota Batu Eko Suhartono, siang kemarin.

Eko menyebutkan, pemkot masih mencari lahan tempat yang representatif untuk menggantikan gedung tersebut. Salah satunya mencari tempat yang tidak terlalu jauh dari lingkungan masyarakat sekitar. Sehingga, tidak menyulitkan siswa yang ada di sekolahan tersebut.

Tahun lalu pemkot menyediakan banyak anggaran untuk pembebasan lahan. Ada sekitar Rp 21 miliar yang dialokasikan pemkot untuk pembebasan lahan. Anggaran itu selain digunakan untuk pembebasan lahan rest area, perkantoran terpadu, juga untuk relokasi sekolah tersebut.

Namun, hingga akhir tahun anggaran, anggaran yang ada pada Dinas Pertanahan itu belum bisa terserap. "Rencananya akan dilanjutkan pada tahun anggaran ini," sambung mantan kepala bagian pemerintahan ini.

Seperti diberitakan, rencana relokasi gedung SDN Tlekung kembali dipertanyakan dewan. Gara-garanya rencana relokasi bangunan gedung sekolah tersebut tak kunjung ada realisasinya. Sementara TPA Tlekung bakal dioperasikan pada tahun anggaran 2009 ini.

Disinggung soal kemoloran pembebasan lahan tersebut, Eko mengakui ada beberapa mekanisme yang harus ditempuh untuk pembebasan lahan. Bahkan untuk pembebasan lahan itu, pemkot juga sudah membentuk tim pembebasan lahan. "Keputusan relokasi memang sudah bulat, tinggal pelaksanannya," tambah dia.jawapos.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar