17.1.09

Belum Masuk Sekolah Lagi

Sebagian siswa SD Sokomoyo II, Jatimulyo, Girimulyo masih melakukan aksi mogok sekolah. Terutama para siswa yang ditempatkan di lokasi baru terlebih dahulu, yakni kelas 1, 2 dan 6. Mereka tetap menginginkan berada di sekolah yang lama. Sementara siswa yang sudah melakukan kegiatan belajar mengajar adalah kelas 3, 4 dan 5 yang berada di lokasi SD Sokomoyo lama.

Kepala Dukuh Gunungkelir, Jatimulyo Tukiran mengatakan sampai saat ini pihak orang tua murid membiarkan anak-anaknya untuk tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar disekolahnya. "Tadi saya lihat yang anak kelas I sudah bubar, padahal masih sekitar pukul 8 pagi,"ujarnya.

Tukiran menjelaskan, sebenarnya orang tua murid banyak yang kecewa dengan relokasi ini. Karena sebelumnya saat rencana relokasi ini muncul, para orang tua siswa sudah pernah mengusulkan tempat relokasi yang dianggap lebih aman dan dekat, yakni di depan SMP Girimulyo. Hanya saja, pihak sekolah tidak mengakomodirnya dan permasalahan tersebut hilang begitu saja dari permukaan. Kemudian muncul lagi, setelah pihak sekolah tiba-tiba meminta para siswanya untuk menempati gedung sekolah baru.

"Kalau saja pihak sekolah mempertimbangkan usulan warga dan berkomunikasi secara intens, pastilah kejadian seperti tidak perlu terjadi. Kasihan anak-anak, mereka jadi bingung mesti bagaimana. Ke sekolah jauh, tapi kalau terus membolos akan ketinggalan pelajaran,"terang Tukiran.

Sementara itu, Kepala Bidang TK/SD Arif Prastowo menyatakan segera melakukan pendekatan persuasive kepada para murid dan orang tuanya melalui UPTD di Girimulyo. Agar proses belajar mengajar para murid tidak terhenti. "Semoga saja responnya positif, karena sekarang ini yang terpenting anak-anak dapat belajar lagi,"kata Arif.

Menurutnya, rencana relokasi ini merupakan langkah antisipasi dari pihak Dinas Pendidikan sebab lokasi yang sekarang masuk kedalam daerah rawan longsor. Saat ditanya mengenai tidak diakomodirnya usulan warga mengenai lokasi relokasi, Arif menyatakan belum tahu secara detil. Pasalnya, dirinya mengaku baru saja dilantik menjadi Kabid TK/SD selama sepuluh hari ini. Sehingga belum meninjau secara lengkap awal mula munculnya permasalahan ini. jawapos.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar