30.1.09

Purwantoro 1 Masuk Enam Besar

Gugus dua Kecamatan Blimbing yang berpusat di SDN Purwantoro 1 masuk enam besar provinsi dalam lomba gugus 2008-2009. Kemarin, sekolah yang berada di Jalan Raya Letjen Sutoyo Kota Malang ini kembali didatangi tim penilai dari Dinas P & K Provinsi Jatim.

"Tim kembali menilai gugus dua untuk mencari pemenang dari enam besar. Kalau berhasil, maka akan maju ke nasional," ungkap Suwarjana, kasi Kurikulum Dikdas Diknas Kota Malang, kemarin.

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2 Blimbing M. Anwar mengungkapkan, keunggulan yang ditawarkan dalam gugus dua salah satunya adalah pelajaran keterampilan bernilai ekonomis kepada siswa SD. Kepada lima anggota gugus 2, produk unggulan itu disebarkan. Lima anggota gugus 2 Blimbing adalah SDN Purwantoro 2, SDN Purwantoro 4, SDN Purwantoro 6, SDN Purwantoro 8, dan SD Taman Muda 2.

Dua unggulan lainnya adalah pelibatan peran serta masyarakat dalam membina keterampilan siswa. Dan pembuatan buletin Citra Edukasi untuk menampung artikel guru, tulisan, atau puisi siswa dan info-info sekolah. "Untuk tingkat SD, tiga unggulan itu kami pandang sangat positif," kata Anwar.

Pelajaran membuat buah karya yang bernilai ekonomis bisa diberikan guru semenjak seorang anak duduk sebagai siswa sekolah dasar (SD). Dengan begitu, anak terbiasa membuat buah tangan yang bermanfaat bagi dia dan orang lain. Karena dengan karya yang bermanfaat, maka timbul nilai jual. Tidak sekadar membuat buah tangan asal-asalan yang dianggap indah bagi pembuatnya sendiri.

Buah karya bernilai ekonomis bocah SD, misalnya tempat pensil dari kaleng bekas dengan hiasan belalai gajah, replika menara petronas dari kertas bekas, wadah dari manik-manik, juga topeng Malangan dari bubur kertas. Ada juga brownies tempe dan asesoris dari pita.

Barang-barang yang dibanderol mulai Rp 2.000 hingga Rp 25 ribu tersebut kemarin dipamerkan di SDN Purwantoro 1. Pameran itu dalam rangka penilaian tingkat provinsi lomba gugus yang dipusatkan di Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Suwarjana menambahkan raihan juara I tingkat nasional lomba gugus kategori SD menjadi penghargaan tiga kali berturut-turut. Sementara, untuk TK baru 2008 berhasil meraih juara I. Tahun 2007, TK Kota Malang yang diwakili TK Taman Harapan hanya mampu bertahan di 10 besar Jatim. jawapos.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar