20.1.09

3.559 Siswa Putus Sekolah

Pemkab Boyolali masih memiliki pekerjaan rumah (PR) panjang untuk mengatasi persoalan pendidikan. Pada 2008 saja, tercatat ada 3.559 siswa SD di Boyolali putus sekolah. Angka tersebut mengalami penurunan disbanding 2007, yang mencapai 6.000 lebih siswa putus sekolah diusia sama. Rata-rata usia mereka berkisar 7 hingga 15 tahun. Berbagai persoalan melilit para siswa, sehingga terpaksa putus sekolah.

Eko Suharsono, kasubag Penrencanaan Penelitian dan Pelaporan Dispora Boyolali mengatakan, para siswa ini putus sekolah dengan berbagai variasi tingkatan kelas. Ada yang putus setelah naik kelas 2 ke kelas 3. Dan, ada juga yang sudah tinggal merampungkan kelas 6, tapi putus di tengah jalan. "Rata-rata kebanyakan putus kelas saat kelas tiga," jelasnya kemarin (19/1).

Ada beberapa pemicu anak putus sekolah. Misalnya, orang tua siswa tidak memiliki biaya menyekolahkan anaknya. Kemudian ada juga siswa yang bersangkutan tidak mau sekolah karena malas belajar.

Bagi siswa di daerah pedesaan, para siswa putus sekolah karena jarak antara sekolah dengan rumah sangat jauh. "Semua persoalan itu, kami tampung. Kemudian dicari jalan keluarnya," terang dia.

Siswa putus sekolah ini, menurut Eko, hampir merata di semua desa. Di daerah Boyolali terdapat 267 desa. Antara yang bermukim di pedesaan terpencil, lebih banyak dibanding daerah dataran rendah.

Kondisi ini membutuhkan penangan serius. Diantaranya, meluncurkan bantuan biaya pendidikan kepada keluarga siswa putus sekolah. Dengan bantuan itu, mereka bisa melanjutkan minimal sampai lulus SD. Kemudian, Dispora juga menerapkan kejar paket kepada siswa yang bersangkutan.

"Ke depan, kami juga menerapkan home schoolling (sekolah di rumah). Jadi, guru datang di rumah siswa yang berangkutan," terangnya.

Langkah ini, diprioritaskan di daerah pedesaan tepencil. Biasanya, siswa malas ke sekolah, karena jaraknya jauh. Dari pada siswa tidak mau sekolah, mendingan guru yang dating," tambah dia. jawapos.com


1 komentar:

  1. terima kasih informasinya.
    htttp://marifromadoni.blogspot.com

    BalasHapus