8.11.08

Sentuh Buaya dan Iguana

SURABAYA - Sekolah dasar, TK, dan playgroup Mawar Sharon Christian School punya cara tersendiri untuk mengajarkan cinta satwa. Tak hanya membaca referensi atau melihat dari jauh, siswa juga diharuskan menyentuh binatang, meski sebelumnya tak pernah dilakukan.

Kemarin (7/11) para guru membawa 20 jenis binatang untuk disentuh para siswa. Di antaranya, iguana, biawak, monyet silangan, kadal, tikus, kura-kura, dan musang. Ada juga ular python dari Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

"Siswa kami selalu antusias menyambut kegiatan bertema cinta satwa. Karena itu, kami selalu berusaha mengadakan setiap tahun," kata Natalia, kepala playgroup and kindergarten Mawar Sharon Christian School. "Kami juga mengadakan acara tersebut untuk memperingati Hari Puspa dan Satwa Nasional," imbuhnya.

Pengenalan satwa kemarin disaksikan 243 siswa playgroup dan 138 siswa SD sekolah tersebut. Setiap siswa diharuskan membelai binatang-binatang yang tidak berbahaya itu. Beberapa di antara mereka tak canggung ketika menyentuh kulit biawak dan iguana. Namun, ada juga yang lari karena dikejar iguana. "Memang agak seru. Tapi, sebelumnya kami menjelaskan cara membedakan binatang buas dan binatang jinak," katanya.

Koordinator lapangan dari LSM Fauna Alam Nusantara (FAN) Agus Bombom mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang melupakan beragam kekayaan satwa di Indonesia. Untuk itu, pihaknya ingin melestarikan atau paling tidak mengenalkan satwa-satwa Indonesia tersebut. "Kami juga mengembalikan stigma bahwa semua binatang itu berbahaya. Padahal, ada juga binatang yang tidak berbahaya yang dapat dipelihara dan diberi kasih sayang," tuturnya.

Target dari adanya pertunjukan itu, kata Agus, siswa-siswa playgroup dan sekolah dasar mengetahui keragaman satwa-satwa Indonesia. Target tersebut akan berbeda bila yang melihat adalah siswa SMP, SMA, atau mahasiswa. "Tentu harus dibedakan. Kalau kepada mahasiswa, kami harus menjelaskan hingga proses pengembangbiakan dan penanganan korban apabila diserang oleh binatang buas," jelasnya. (alb/fat)(sumber : jawapos.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar