19.11.08

400 Sekolah di Makasar Gratis

Pemerintah Kota Makassar siap menyubsidi penuh sekitar 400 sekolah negeri mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di 14 kecamatan.

"Subsidi penuh ini dikenal dengan program sekolah gratis, merupakan program lanjutan yang sudah mulai dijalankan 2007 lalu," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, M Natsir Azis di Makassar, Selasa (18/11).

Menurut dia, untuk mendanai 400-an sekolah tersebut, dibutuhkan anggaran sekitar Rp70 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai operasional pendidikan dan kegiatan penunjang sekolah.

"Besarnya anggaran tersebut diusulkan pada Rencana APBD Pokok 2009. Dana ini lebih besar dari alokasi dana program sekolah gratis tahun ini yang hanya Rp 3 miliar untuk 31 sekolah yang diprioritaskan bagi keluarga kurang mampu," katanya.

Lebih jauh dijelaskan, pada tahap awal program pendidikan bersubsidi penuh itu hanya 18 sekolah pada 2007 yang sasaran utamanya adalah siswa yang berada di wilayah kepulauan dan pemukiman kumuh. Mengingat alokasi anggaran untuk sektor pendidikan tahun 2009 mendatang cukup besar, lanjutnya, Pemkot Makassar akan bersinergi dengan program pendidikan gratis yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

Dengan demikian, dana yang diusulkan untuk APBD Pokok 2009 itu merupakan dana sharing dengan Pemprov Sulsel yang berkewajiban mengalokasikan 40 persen dana dari total kebutuhan setiap kabupaten/kota.

Mengenai kemungkinan siswa di sekolah swasta juga dapat menikmati pendidikan gratis, ia mengatakan, hal itu bisa saja dilakukan, sepanjang sekolah tersebut bersedia memenuhi semua persyarakatan pemerintah. "Apalagi untuk sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Depatemen Agama kini juga sudah mendapat alokasi dana untuk pengembangan pendidikan," katanya.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar