10.11.08

Pelajar SMP Merakit Roket Air

Para pelajar sekolah menengah pertama dari berbagai daerah mengikuti lomba merakit roket air, di Lapangan Tri Renggo, Bantul, Yogyakarta. Bermodalkan botol air mineral bekas dan potongan plastik, mereka membuat dan meluncurkan roket buatannya.

Sebelum membuat roket, para pelajar terlebih dahulu diberikan dasar teori dan pengenalan tentang roket. Ternyata proses pembuatan roket tidak terlalu sulit. Cukup sediakan dua botol air mineral yang akan digunakan sebagai batang roket sekaligus tempat air. Sedangkan lembaran plastik digunakan untuk membuat sirip roket.

Usai dirakit, roket diisi air dan diberi udara dengan pompa angin. Roket pun siap meluncur. Agar bisa meluncur dengan jauh, para pelajar harus memperhitungkan dengan tepat rangkaian roket tersebut.

Kegiatan yang digelar Ahad (9/11) ini, diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret. Rencananya, peserta yang memiliki nilai tertinggi diikutkan dalam kompetisi internasional roket air di Hanoi, Vietnam, tahun depan.(OMI/Ferry Aditri, Liputan6.com, Bantul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar