13.11.08

SD Percobaan Sekip Rusak Parah

Saat ini beberapa bagian gedung SD Percobaan mengalami kerusakan berarti. Setidaknya, dua ruang kelas rusak berat di bagian eternit dan atap. Kaca jendela di empat ruang kelas juga pecah berantakan. Angin kencang yang menerbangkan genting dan atap di laboratorium komputer itu juga menyebabkan 20 komputer di dalamnya basah dan rusak. Sebagian komputer hingga kini belum berfungsi.

Bila suasana siang dirasa cukup panas, para guru mengeluarkan perangkat komputer untuk dijemur di halaman. Ketika wartawan melihat ke sekolah dengan 520 murid itu kemarin, para guru baru saja mengangkat kembali komputer ke dalam ruangan. ''Takut sebentar lagi turun hujan, makanya kami masukkan,'' ujar seorang guru.

Selama masa perbaikan sekolah, komite sekolah dan para guru sepakat meliburkan murid dari kegiatan belajar mengajar. Lingkungan sekolah dinilai tidak cukup aman untuk kegiatan akademik maupun bermain anak-anak. Apalagi, hari-hari pertama pasca serangan puting beliung, ruangan tidak hanya rusak berat, tetapi juga kotor dan basah.

''Selama masa perbaikan, banyak paku dan reruntuhan kaca berserakan. Demi keselamatan anak-anak, kami memutuskan untuk meliburkan mereka sementara,'' papar Wagito, wali kelas VI A.

Sementara anak-anak libur, para guru bekerja keras membersihkan ruangan. Angin yang disertai hujan menyebabkan sebagian ruang kelas banjir. Ruangan yang banjir harus segera dibersihkan. Sejumlah guru kemudian membersihkan ruangan dan meja kursi dari dedaunan dan air.

Proses recovery memakan waktu sedikit lama karena terbatasnya jumlah tukang. Selain itu, perbaikan yang harus dilakukan tidak hanya di satu tempat. Dengan luas keseluruhan 2.700 meter persegi, 12 tukang yang dipekerjakan untuk perbaikan harus bekerja ekstra keras. ''Tidak mudah menemukan 12 tukang dalam waktu cepat,'' papar pria berkacamata ini.

Meskipun sekolah diliburkan empat hari, tidak ada keluhan dari pihak orang tua. Agaknya, semua maklum dengan keadaan yang serbadarurat dan mendadak seperti itu. Wagito menjamin, murid-muridnya tidak akan ketinggalan materi gara-gara libur empat hari. Selama ini SD Percobaan memang memperlama jam belajar para siswa. Rata-rata mereka pulang satu jam lebih lama daripada murid SD lain. Karena itu, pengajaran materi jauh lebih maju daripada beberapa sekolah yang lain.

Dana perbaikan diperkirakan Rp 8 juta. Hingga kini, pihak sekolah menggunakan dana dari komite sekolah. Rencananya, pihak sekolah akan mengajukan rancangan anggaran bangunan (RAB) kepada diknas. Tapi, sementara kebutuhan dana recovery ditanggung komite sekolah. Selain untuk membayar jasa tukang, dana itu digunakan untuk membeli eternit, genting, kaca, cat, dan fiber glass. jawapos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar