27.11.08

Juara OZ DetEksi Challenge

SURABAYA - Sempat kesulitan pada babak penyisihan, namun mampu tampil dominan dalam babak final. Kemarin (26/11), tim SMA Petra 2 Surabaya mampu meraih juara OZ DetEksi Challenge, cerdas cermat berbahasa Inggris di panggung utama Espresso DetEksi-Con 2k8, di SSCC Supermal Pakuwon Indah.

Sebagai hadiah, trio Eunice Harvia Ali, Sheila Marshalita, dan Sylvia Diana bakal mengikuti homestay selama dua minggu di Melbourne, Australia.

Dalam babak final kemarin, tim Petra 2 unggul sejak awal, mampu meraih total 310 poin. Jauh di atas tiga tim lain, yaitu SMAN 16 Surabaya (190), SMA Frateran Surabaya (145), dan SMAN 1 Gresik (120). Padahal, dalam babak penyisihan sebelumnya, anak-anak Petra 2 sempat kesulitan naik peringkat. Dalam babak 16 besar, mereka berada di urutan ke-16!

Begitu diumumkan sebagai juara, tim Petra 2 langsung berpelukan erat. ''Kami sudah nggak sanggup teriak, nggak sanggup nangis. Mau teriak sudah lemes saking tegangnya. Mau nangis kok ya nggak bisa keluar air matanya,'' ujar Eunice Harvia Ali, sambil menggenggam tangan kedua rekannya.

Sheila menambahkan, timnya sama sekali tak punya target juara. ''Makanya, nggak nyangka banget bisa menang. Semua pertanyaan yang keluar tadi, ya semua yang kami pelajari. Terima kasih Tuhan!'' ungkapnya lega.

Perebutan juara kemarin berlangsung dalam tiga stage plus bonus. Setiap stage berisi pertanyaan tentang akademik, Australia, logic, pop culture, dan lain-lain. Stage 1 hanya berisi pertanyaan single (satu-satu). Sementara stage 2 berisi chain question (berantai). Di stage 3, satu pertanyaan memiliki empat bagian. Lalu, setelah semua ronde berakhir, masih ada lagi Final 10 Countdown, sepuluh pertanyaan bonus.

Pada stage 1 dan 3 terdapat tantangan fisik yang harus dilakoni peserta. Di sela-sela pergantian stage, terjadi pula pergantian pemain. Dalam kompetisi ini, memang hanya ada dua pemain yang berdiri di belakang meja. Tapi, wajib ada pergantian pemain, sehingga pemain cadangan ikut berperan.

Ada empat moderator yang kemarin membacakan pertanyaan dalam bahasa Inggris. Yakni, Felicity Pascoe (deputy director Australian Education International, Kedubes Australia), Josephine Ratna (manager Australian Education Centre), Lucia Wulansari (senior information officer Australian Education Centre), serta Ina Liem (in country coordinator La Trobe University Melbourne).

Kompetisi ini memang hasil kerja sama DetEksi Jawa Pos, Australian Education Centre, dan La Trobe University.

''Selama dua minggu di Melbourne nanti, mereka akan homestay, mengunjungi dan belajar bahasa Inggris di La Trobe University. Saat weekend, mereka akan merasakan tempat wisata di Melbourne dan kota-kota lain di negara bagian Victoria,'' jelas Ina Liem.

Selain tiga anak Petra 2 tersebut, masih ada empat anak lagi yang akan mendapat hadiah homestay di Australia. Yaitu, penulis dan fotografer terbaik, SMP maupun SMA, peserta Journalist Blog Competition. Bedanya, para jurnalis akan terbang ke Perth, Western Australia.

Drive di Panggung Utama

Hari ini, ada kehebohan ekstra di Espresso DetEksi-Con 2k8. Penonton akan dihibur penampilan Drive. Band yang melejit berkat lagu Bersama Bintang dan Tak Berbalas itu didatangkan MPM Motor untuk meramaikan final Honda DetEksi Band Competition.

Sore ini, Anji (vokal), Budi (gitar), Dygo (bas), dan Adi (drum) akan menghibur penonton di panggung utama SSCC Supermal Pakuwon Indah. Mereka juga akan membawakan lagu-lagu dari album Kita Untuk Selamanya, yang baru diluncurkan awal bulan ini (6/11).

Drive sudah beberapa kali mengisi acara musik untuk anak muda di Surabaya. Mereka mengaku sudah tak sabar untuk segera tampil di Espresso DetEksi-Con 2k8.

''Surabaya sangat spesial bagi kami, karena semangatnya luar biasa, dan memperlakukan kami dengan spesial pula. Apalagi, kami dengar anak muda yang kreatif bakal kumpul semua dalam acara ini. Kami yakin acarnya bakal seru dan heboh banget,'' ujar Budi, sang gitaris.

Final Honda DetEksi Band Competition 2k8 hari ini juga akan menghadirkan musikus papan atas Indonesia, Gilang Ramadhan, sebagai salah seorang juri. Lima band SMA bakal berebut juara. Yaitu, Ngapoenten (SMAN 1 Sidoarjo), Sepoerane (SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo), Napoleon (SMAN 16 Surabaya), D'North (SMAN 4 Surabaya), dan Maximum (SMAN 2 Surabaya).

Pemenang tidak hanya dapat hadiah. Mereka juga akan mendapat kesempatan berkolaborasi bersama Gilang di panggung utama, Jumat besok. Espresso DetEksi-Con 2k8 diselenggarakan sampai Minggu, 30 November 2008. jawapos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar