2.2.09

Siswa SLB Di Bogor Diajari Internet

Bogor - Sekolah Luar Biasa (SLB) C Dharma Wanita Kota Bogor membuka laboratorium komputer berfasilitas layanan jejaring komputer sejagat (Internet).

Kepala SLB C Dharma Wanita Kota Bogor, Mumuh W. Sumarto, mengatakan bahwa ada 10 unit personal komputer dan tiga unit laptop bantuan dari Direktorat SLB Depdiknas melalui program pembelajaran (e-learning), pada tahun anggaran 2008.

"Komputer ini bisa dimanfaatkan oleh para siswa untuk menambah keterampilan dan pengetahuan," kata Mumuh W. Sumarto, di Bogor, Jumat, usai diresmikan penggunaannya oleh Walikota Bogor, Diani Budiarto.

Dikatakan Mumuh, meskipun anak didiknya mengalami keterbelakangan mental, tapi dengan diberikannya pengetahuan komputer dan internet, amak diharapkan dapat memotivasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan seperti siswa normal pada umumnya.

Melalui laboratorium komputer, kata dia, menjadi media pembelajaran baik bagi siswa, guru, maupun orang tua siswa.

"Jadi, labolatorium tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh guru dan orang tua siswa yang ingin belajar komputer, " katanya.

SLB C Dharma Wanita yang berada di Jalan Malabar Kota Bogor, kata dia, sebelumnya telah mengajarkan keterampilan budi daya tanaman hias, kesenian, warung karya, terapi dan olah raga tarung derajat, serta berbagai keterampilan lainnya.

"Dengan dibuka laboratorium komputer ini, maka pengetahuan dan wawasan siswa kami bisa bertambah," katanya.

Dijelaskannya, siswa SLB C Dharma Wanita Kota Bogor saat ini ada sebanyak 90 anak, degan tenaga pendidik 17 guru.

"Jumlah siswa setiap tahun terus bertambah. Pada tahun 2007, jumlah siswa kami cuma 60 siswa," katanya.

Dikatakannya, kurikulum di SLB tidak mengenal tahun ajaran, karena setiap saat siswa bisa berkurang dan bisa bertambah.

"Peningkatan jumlah siswa, tidak perlu harus disyukuri. Tapi, yang harus disyukuri adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya yang bermental terbelakang ke SLB," katanya.

Walikota Bogor Diani Budiarto mengatakan, pendidikan keterampilan di SLB C Dharma Wanita sudah cukup bervariasi.

"Untuk meningkatkan fasilitas di SLB ini, akan dibahas dalam rapat rutin bersama dinas terkait," katanya menambahkan. antara.co.id


1 komentar:

  1. menarik sekali,, saya baru saja membaca judulnya..
    jadi tertarik ingin membaca isi postingannya :)

    BalasHapus